Eva Algafry Berkunjung ke Posyandu Balita Kasih Ibu di Desa Belilik

Bangka Tengah, deteksipos – Ketua TP-PKK Bangka Tengah yang juga Bunda Posyandu, drg. Eva Algafry, berkunjung ke Posyandu Balita Kasih Ibu yang bertempat di Desa Belilik Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (16/02/2022).

Dalam sambutannya, Eva menjelaskan bahwa aplikasi sangat peduli dengan peran Posyandu dalam deteksi dini tumbuh kembang anak juga menjadi wahana dan utama untuk meningkatkan edukasi pencegahan stunting . Disebutnya, Posyandu merupakan pilar utama dan garis pertahanan terdepan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Hal ini penting dalam menentukan bagaimana status gizi bayi balita terutama status badan menurut umur untuk mendeteksi kejadian stunting, ” sebut Eva.

Eva juga mengatakan bahwa peran kader Posyandu selain sebagai pengurus juga mengingatkan masyarakat tentang jadwal Posyandu dan menghimbau ibu hamil serta orang tua balita agar datang ke Posyandu sehingga dapat menyatukan status gizi dan kesehatan anaknya.

“Jika balita yang mengalami masalah gizi stunting , kader akan melaporkan kepada bidan desa dan merujuk kepada Puskesmas agar mendapatkan penanganan. Kader juga yang mengalirkan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dari desa atau Puskesmas kepada balita dengan status balita kurang gizi atau stunting . Stunting ini dapat mempersiapkan dengan memenuhi asupan gizi seimbang ibu masa pra konsepsi (pembuahan) hingga masa 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) yaitu pada usia 2 tahun,” jelasnya.

Di kesempatan itu juga Eva memberikan secara langsung vitamin A kepada anak-anak dan menghimbau orang tua untuk memastikan anak-anak mendapatkan vitamin A sesuai pencanangan bulan Februari dan Agustus sebagai Bulan Vitamin A.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Desa Belilik, Ketua TP-PKK Desa Belilik beserta para pengurus, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Belilik, dan Kepala Puskesmas Namang.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *