Babel  

Pansus DPRD Babel Konsultasi Ranperda Tata Ruang Babel ke Biro Hukum ESDM

Pangkalpinang, Deteksi Pos – Jumat pagi (26/04), Direktur Pembinaan Program Minerba Kementerian ESDM, Julian Ambassadur menerima rombongan Tim Pansus yang digawangi Politisi Golkar, Firmansyah Levi. Turut bersama juga hadir di Ruang Rapat Simuk ESDM yaitu Pimpinan DPRD Babel, Herman Suhadi, Belliadi dan Hellyana yang didampingi Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kep. Babel.

Pimpin Rapat Konsultasi tersebut, anggota DPRD Dapil Kab. Bangka yang akrab disapa Levi ini harapkan adanya masukan dari Biro Hukum Kementerian ESDM terkait langkah – langkah strategis dalam membuat Perda tersebut.

Julian jelaskan dalam mengusulkan kawasan pertambangan, diharapkan Gubernur telah melakukan koordinasi dengan Bupati dan Walikota berdasarkan aturan pada PP No. 43 Tahun 2021. Juga tertuang dalam PP no.25 Tahun 2023, sehingga dapat dijadikan pedoman bagi para stakeholders dalam pelaksanaan pengelolaan wilayah pertambangan Indonesia.

“Sesuai Pasal 19 ayat (4) bahwa Gubernur dan Bupati / Walikota sesuai dengan kewenangannya wajib mendelineasi WUP yang telah ditetapkan sebagai kawasan pertambangan dalam rencana tata ruang wilayah provinsi / kabupaten / kota atau zona pertambangan dalam rencana detail tata ruang kabupaten / kota”, tambah Julian.

Terkait masukan dari Kementerian ESDM untuk Ranperda RTRW ini agar dapat diselesaikan ada beberapa hal, yaitu : jaminan berusaha izin pertambangan yang telah terbit, jaminan tata ruang untuk izin baru, tidak seluruh wilayah IUP akan ditambang dan penggambaran wilayah pertambangan dalam RTRW.

“Kami akan mempelajari tentang masukan guna revisi Ranperda tersebut. Terima kasih untuk penyambutan dan diskusi hari ini, sangat bermanfaat untuk Bangka Belitung”, ujar Levi mengakhiri pertemuan. (**)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *