Sinergi Profesionalitas PPNS dalam Hukum Daerah

Caption : Rapat Koordinasi PPNS se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Bangka City Hotel pada Senin (27/11/2023). Dok.deteksipos.com

Pangkalpinang, deteksipos.com – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yamowa’a Harefa, menekankan pentingnya sinergi antara Aparatur Satpol PP dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dalam penegakan Peraturan Daerah (Perda) dan peraturan lainnya. Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi PPNS se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Bangka City Hotel pada Senin (27/11/2023).

“Kita harus terus memperkuat kompetensi PPNS dalam penegakan Perda dengan koordinasi yang terencana dan berkesinambungan, salah satunya melalui rapat koordinasi seperti ini,” ujar Yamowa’a.

Selain itu, Yamowa’a juga menegaskan bahwa kompetensi PPNS dan Satpol PP memiliki peran yang penting dalam penyusunan rancangan peraturan kepala daerah (RAPERKADA).

Menurut Peraturan Kepala Kepolisian RI Nomor 20 Tahun 2010 tentang Koordinasi Pengawasan dan Pembinaan Penyidik bagi PPNS, tugas penyidikan tindak pidana dilaksanakan oleh pengembangan fungsi reserse kriminal Kepolisian RI, dengan bantuan dari PPNS.

“PPNS memiliki kewenangan khusus untuk melakukan penyidikan tindak pidana yang berada dalam lingkup kewenangannya, namun hal ini harus dilakukan dalam koordinasi dan pembinaan dari penyidik Kepolisian RI,” tambahnya.

Satpol PP bertanggung jawab sebagai penegak Perda dengan fokus pada penanganan indikasi pelanggaran Perda dan perkada dari segi penyidikan non yustisi. Sementara PPNS memiliki kewenangan untuk melakukan penyidikan guna mencari dan mengumpulkan bukti guna menemukan tersangka.

Rapat ini dihadiri oleh empat puluh lima PPNS dari kabupaten dan kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan narasumber dari Korwas Polda Babel, Kepala Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai atasan penyidik dalam PPNS, dan Biro Hukum Pemprov. Kep. Babel.

Kerja sama dan koordinasi antara institusi pemerintah pusat, pemerintah kabupaten, dan kota sangat penting untuk menyelesaikan persoalan dan permasalahan yang muncul dengan baik, cepat, dan tepat.

“Dengan rapat koordinasi ini, kita berharap terjadi peningkatan profesionalitas PPNS dan Satpol PP,” tutup Yamowa’a. (mamang)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *