Pj Gubernur Babel Tekankan Makna MTQH: Edukasi, Keimanan, dan Kompetisi

Caption : Pj Gubernur Babel Safrizal ZA. Dok.deteksipos.com

Sungailiat, deteksipos.com – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA, menekankan pentingnya ukhuwah islamiah dalam Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist Nabi (MTQH) ke-12 tingkat Provinsi Kepulauan Babel tahun 2023. Saat pembukaan acara di Halaman Kantor Bupati Bangka pada Minggu (26/11/2023), Safrizal mengungkapkan bahwa perlombaan ini bukan hanya tentang meraih kemenangan, tetapi juga sebagai upaya mendidik umat untuk mencintai dan mengamalkan Al-Quran.

Menurut Safrizal, MTQH bukan sekadar ajang perlombaan membaca Al-Quran, tetapi merupakan sarana untuk memperkuat syiar islam, meneguhkan kesucian Al-Quran, dan memperluas pengaruh edukatifnya bagi umat.

“Pelaksanaan MTQH ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, serta menjadi wahana dakwah untuk memperbaiki akhlak umat muslim,” katanya.

Pj Bupati Bangka, M Haris, menekankan pentingnya Al-Quran sebagai sumber pengetahuan dan menguasainya akan memberikan manfaat bagi masyarakat. Namun, ia juga menyoroti bahwa sebagian besar umat Islam belum sepenuhnya menguasainya.

Haris juga menyampaikan bahwa kompetisi ini akan memilih Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hafidzah, serta cendekiawan terbaik di Provinsi Kepulauan Babel untuk mewakili daerah tersebut dalam MTQH tingkat nasional.

“Tunjukkan kemampuan terbaik dalam kompetisi ini, sehingga hasil yang diperoleh sesuai harapan. Setiap peserta memiliki potensi luar biasa,” ungkap Haris.

MTQH ke-12 ini mengusung tema ‘Kita Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Tangguh dan Qurani untuk Mewujudkan Masyarakat Bangka Belitung Sejahtera, Religius, dan Berkarakter’, berlangsung selama satu minggu ke depan.

Pada Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits Nabi (STQH) Tingkat Nasional di Jambi, perwakilan Provinsi Kepulauan Babel berhasil menempati peringkat 10 besar, mengukir prestasi membanggakan bagi daerah tersebut. (mamang)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *