Babel  

Kacabdin V Dinas Pendidikan Provinsi Babel Memblocking Wartawan Terkait Proyek Kontroversial

Proyek Pembangunan Ruang Praktik SMK 1 Sijuk ( Foto : deteksipos)

Belitung, Deteksipos – Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) V Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Adi Zahriadi, menunjukkan sikap angkuh dan sombong dengan memblokir nomor WhatsApp wartawan yang melakukan konfirmasi terkait proyek yang sedang dikerjakannya.

Tindakan ini mengundang kritik karena menghambat keseimbangan berita, dimana wartawan perlu mendapatkan informasi langsung dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk memastikan ketelitian dalam peliputan.

Beberapa sumber di Tanjungpandan Belitung menyebutkan bahwa Adi Zahriadi tampaknya memiliki ketidaknyamanan terhadap wartawan, sehingga ketika ditanya tentang proyek, ia langsung memblokir nomor WhatsApp wartawan.

“Bapak Kacabdin memang terlihat tidak suka dengan wartawan; saat ditanya tentang proyek, langsung memblokir nomor WhatsApp kita,” ujar S warga Belitung, pada Rabu (15/11).

Kontroversi muncul terkait proyek pembangunan Ruang Praktik Siswa SMK Negeri 1 Sijuk yang dilaksanakan oleh Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah V Tanjung Pandan. Anggaran proyek sebesar Rp 865.000.000,- dari APBD Provinsi Kep.Bangka Belitung disinyalir tidak sesuai standar.

Investigasi pada Selasa, 14 November 2023, di Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung mengungkapkan bahwa bangunan tersebut menggunakan batako yang mudah rapuh, tidak sesuai dengan bata merah yang memiliki kekuatan yang lebih teruji.

Selain itu, pemborong menggunakan besi ukuran 8″ pada kolom sudut proyek, padahal standar minimal untuk kolom adalah besi ukuran 10″, dan cincin kolom menggunakan besi ukuran 8″.

Warga sekitar, seperti Anwar, mengkritik pemilihan bahan, menyatakan bahwa penggunaan batako yang mudah pecah tidak layak untuk proyek pemerintah. Anwar juga menyampaikan keprihatinannya terhadap potensi bahaya jika bangunan roboh saat digunakan oleh siswa.

Hingga saat ini, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Kepala Cabang Dinas V Dinas Pendidikan Provinsi Kep.Bangka Belitung, Adi Zahriadi, belum memberikan penjelasan meskipun sudah dikonfirmasi oleh media ini.

Penulis: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *