Pemda  

183 Peserta Siap Berlaga dalam Sungailiat Triathlon 2024 di Kabupaten Bangka

Sungailiat, Deteksi Pos – Antusiasme untuk Sungailiat Triathlon 2024 di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang akan diselenggarakan pada 4 Mei 2024 mendatang terus meningkat. Sebanyak 183 peserta telah mendaftar untuk bersaing dalam tiga kategori yang diperlombakan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Bangka, Rismy Wira Maddona, dalam keterangan yang diberikan pada Jumat (19/4), jumlah peserta yang terdaftar dalam Sungailiat Triathlon 2024 diprediksi masih akan bertambah hingga batas akhir pendaftaran, yaitu tanggal 21 April 2024.

Dari jumlah peserta yang terdaftar, sebanyak 68 orang akan mengikuti kategori Standar Distance, dengan rincian lomba renang sejauh 1,5 kilometer, bersepeda sejauh 40 kilometer, dan lari sejauh 10 kilometer. Sedangkan untuk kelas Sprint Distance, terdapat 80 peserta, serta 35 peserta untuk Sprint Local Distance. Mereka akan menjalani lomba renang sejauh 750 meter, bersepeda 20 kilometer, dan lari 5 kilometer.

Rismy juga menyebutkan bahwa meskipun belum ada atlet nasional yang terdaftar, namun ada delapan peserta dari luar negeri yang ikut ambil bagian dalam kompetisi ini.

Sungailiat Triathlon 2024, seperti tahun-tahun sebelumnya, akan berlangsung di kawasan pantai Tanjung Pesona. Acara ini telah diakui sebagai salah satu Event Sport Tourism terbaik yang terdapat dalam kalender event Pariwisata Kabupaten Bangka.

Para peserta akan menikmati lintasan menantang dengan panorama wisata yang memukau, yang juga menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri. Sungailiat Triathlon 2024 juga menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT Kota Sungailiat yang ke-258.

Rismy mengajak seluruh masyarakat Bangka untuk mendukung pelaksanaan Sungailiat Triathlon 2024, serta mengundang penggiat olahraga Triathlon di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dan merasakan semarak kebersamaan dalam acara ini.

Untuk memeriahkan acara, panitia juga akan menyajikan atraksi budaya lokal seperti Nganggung, barongsai, bazar UMKM, atraksi seni budaya tradisional Bangka, dan sajian kuliner khas Bangka Belitung.

Sungailiat Triathlon 2024 tidak hanya menjadi ajang promosi pariwisata, tetapi juga menjadi motivasi bagi masyarakat untuk berkreasi dalam pengembangan sektor pariwisata yang berkelanjutan.

“Saya mengajak masyarakat Kota Sungailiat dan sekitarnya untuk ikut memeriahkan Sungailiat Triathlon 2024 dengan menyaksikan peserta lomba di sepanjang rute atau langsung ke Tanjung Pesona, karena kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, yang juga merupakan hari libur,” kata Rismy. (***)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *