Pemda  

Penjabat Bupati Bangka dan Umat Muslim Sholat Idulfitri di Masjid Agung Sungailiat

Penjabat Bupati Bangka M. Haris sewaktu di dalam Masjid Agung Sungailiat Kabupaten Bangka (Foto : ist) 

Bangka, Deteksi Pos – Penjabat Bupati Bangka, Muhammad Haris, menghadiri Salat Idulfitri 1 Syawal 1445 Hijriah di Masjid Agung Sungailiat pada Rabu (10/4/2024). Salat tersebut dipimpin oleh Imam Drs. H. Syaiful Zohri, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka, dengan Khatib Prof. Dr. Zayadi Hamzah, M.Ag, Ketua MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam sambutannya, PJ Bupati Muhammad Haris mengajak umat Muslim untuk merayakan Idulfitri dengan sukacita dan kesederhanaan, sambil tetap menjaga kondusifitas daerah. Ia menegaskan pentingnya menghindari kegiatan yang tidak perlu yang dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan lingkungan.

“Mari kita rayakan Idulfitri ini dengan penuh suka cita, dengan kesederhanaan namun tidak mengurangi esensi itu sendiri, hindari kegiatan yang sia-sia dan tidak perlu, yang dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan lingkungan kita,” ujar Haris.

Haris juga menekankan bahwa momentum Idulfitri harus dimanfaatkan untuk memperkuat tali silaturahmi antara pemerintah daerah, tokoh agama, dan masyarakat, serta berkontribusi bagi kemajuan Kabupaten Bangka.

Khatib Prof. Dr. Zayadi Hamzah dalam khutbahnya menyampaikan bahwa Idulfitri merupakan manifestasi kefitrahan dan kemenangan bagi umat Muslim. Ia menekankan perlunya menjaga kesalehan meskipun Ramadan telah berlalu, serta memanfaatkan momentum Idulfitri untuk mempererat persaudaraan dan kebersamaan sebagai anak bangsa.

“Jadi meski Ramadan telah dilalui namun kesalehan kita sebagai umat muslim harus tetap terjaga. Idulfitri ini juga momentum semangat persaudaraan dan kebersamaan kita sebagai anak bangsa,” ucap Prof. Dr. Zayadi.

Salat Idulfitri di Masjid Agung dimulai pukul 07.00 WIB dan diikuti oleh ribuan jama’ah warga Sungailiat dan sekitarnya.
(***)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *