Pemda  

Langkah Pemkab Bateng dalam Meningkatkan Taraf Hidup Nelayan

Lubuk Besar, Deteksipos – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) melalui Dinas Perikanan menggelar kegiatan Sosialisasi dan Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Nelayan Kecil Tahun 2024 di PAUD Perahu Dusun Sungai Tebu, Lubuk Besar, pada Jumat (08/03/2024). Acara tersebut merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas dan taraf hidup nelayan di Kabupaten Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, yang didampingi Kepala Dinas Perikanan Bateng, Imam Soehadi, turut hadir untuk memberikan bantuan kepada para nelayan di Lubuk Besar. Selain itu, dilakukan juga sosialisasi terkait pengembangan dan jaminan kesejahteraan kepada nelayan, yang disampaikan oleh Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel, Muhyidin.

Algafry menjelaskan bahwa sektor perikanan merupakan salah satu fokus utama pembangunan di Kabupaten Bangka Tengah. Oleh karena itu, kesejahteraan dan taraf hidup nelayan sangat diperhatikan.

“Sektor perikanan memang salah satu dari 3 sektor utama pembangunan kita. Untuk itu, kesejahteraan dan taraf hidup nelayan betul-betul kita perhatikan dan kegiatan hari ini kita bagikan jaminan sosial dan bantuan untuk operasional nelayan dalam melaut,” ujarnya.

Beberapa bantuan yang diberikan kepada nelayan pada kegiatan ini antara lain penyerahan sertifikat tanah program SHAT Lintas Sektor Profesi Nelayan Tahun 2023 sebanyak 32 lembar sertifikat, bantuan kepesertaan jamsos nelayan, dan bantuan alat keselamatan melaut berupa 100 buah jaket pelampung.

“Ini merupakan bentuk dukungan dan partisipasi pemerintah dalam memberikan pelayanan khususnya kepada para nelayan agar semakin bersemangat dalam melaut sehingga mampu meningkatkan produktifitas ikan tangkap,” ungkap Algafry.

Selain sosialisasi dan pembagian bantuan kartu jamsos yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, Kepala Dinas Perikanan Imam Soehadi menyatakan bahwa dalam kegiatan ini juga dilaksanakan kegiatan service gratis mesin tempel perahu kepada para nelayan.

“Hari ini kita juga laksanakan kegiatan service mesin tempel perahu gratis untuk para nelayan. Kita bekerja sama dengan pihak Yamaha CV. Sumber Jadi yang menyediakan jasa service ini,” jelas Imam.

Imam menegaskan bahwa Pemkab Bateng akan terus konsisten dalam memperhatikan kondisi para nelayan di Bangka Tengah melalui program-program untuk kesejahteraan nelayan.

“Kita akan support terus para nelayan kita dengan berbagai bantuan. Service gratis ini salah satu program dukungan kita agar kegiatan melaut para nelayan bisa berjalan dengan baik. Tadi juga bersama Pak Bupati, kita memberikan santunan sebesar 70 juta rupiah kepada keluarga nelayan yang meninggal dunia melalui program jaminan sosial yang telah kita berikan,” ungkapnya.

Melihat program yang dijalankan Pemkab Bateng di sektor perikanan untuk kesejahteraan nelayan, Kakanwil BPJS Sumbagsel, Muhyidin, dan CEO Yamaha CV. Sumber Jadi, Hartono, yang turut hadir dalam kegiatan ini memberikan dukungan penuh terhadap program yang dijalankan.

“Potensinya sangat bagus sekali, ini program yang menyentuh langsung para pelaku yang memiliki kontribusi terhadap daerah yaitu nelayan. Jamsos untuk para nelayan ini mudah-mudahan juga bisa diterapkan untuk Kabupaten/Kota lain yang ada di Babel untuk jaminan kesejahteraan nelayan,” ujar Muhyidin.

Sementara itu, Hartono, selaku CEO Yamaha CV. Sumber Jadi menyatakan kesiapannya memberikan dukungan kepada Pemkab Bateng sebagai penyuplai mesin tempel kebutuhan nelayan.

“Sebagai mitra, kami siap memberikan ketersediaan mesin tempel kapal kepada Pemkab Bateng yang gencar memberikan bantuan operasional kepada nelayan. Ini sangat luar biasa menurut saya, dan sebagai dukungan kami pun akan membantu memberikan layanan service mesin tempel kapal seperti yang kita laksanakan hari ini,” ucapnya. (Zaza)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *