Pemda  

Kabupaten Bangka Tengah Kembali Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa dari Kemenkes RI

Jakarta, deteksipos.com Kabupaten Bangka Tengah sekali lagi menorehkan prestasi membanggakan di tingkat nasional, kali ini dalam bidang kesehatan. Wakil Bupati Bangka Tengah, Era Susanto, menerima penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023 kategori Padapa dari Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Upacara penganugerahan penghargaan dilangsungkan di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2023) malam. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Bangka Tengah, serta Ketua Forum Selawang Segantang Sehat beserta rombongan.

Kabupaten Bangka Tengah sebelumnya telah meraih penghargaan serupa pada tahun 2019 dalam kategori yang sama. Kemenangan ini adalah hasil dari kerja sama masyarakat dalam mewujudkan program kabupaten sehat tahun 2023, mengikuti indikator penilaian yang dilakukan oleh tim penilai.

Di Bangka Tengah, program Kabupaten/Kota Sehat (KKS) melibatkan berbagai sektor dan program melalui sembilan tatanan KKS, termasuk kehidupan mandiri yang sehat, infrastruktur umum, pendidikan, pasar, pariwisata, transportasi, kantor, perlindungan sosial, serta pencegahan dan penanganan bencana. Proses penilaian dilakukan mulai dari analisis dokumen hingga penilaian lapangan untuk menetapkan penerima penghargaan.

Penghargaan Swasti Saba, dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan RI setiap dua tahun sekali dengan tiga tingkatan: pengembangan (wistara), pembinaan (wiwerda), dan pemantapan (padapa). Sebanyak 136 Kabupaten/Kota di Indonesia menerima penghargaan Swasti Saba Tahun 2023 dengan kategori yang berbeda.

Ini merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri atas komitmen kabupaten dan kota dalam menerapkan tatanan kawasan sehat.

Suhajar Diantoro, Sekjen Kemendagri, menyatakan bahwa kabupaten/kota sehat adalah hasil kerja sama yang harmonis antara pemerintah dan masyarakat, untuk menjaga kesehatan dan produktivitas masyarakat.

Wakil Bupati, Era Susanto, menyampaikan kebahagiaannya atas prestasi ini dan mengajak untuk terus meningkatkan pola hidup sehat dan bersih. “Alhamdulillah, pencapaian ini juga berkat dukungan seluruh masyarakat. Kita harus terus berbenah, didukung oleh OPD, untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kita,” ujarnya.

Penulis : Mamang

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *