Tambang Ilegal di DAS Kuday Utara Diduga Akan Kembali Beroperasi Besok

Caption : Lokasi Tambang DAS Kuday Utara Kelurahan Sinar Jaya Kecamatan Sungaikiat (Foto diambil Senin, 25 September 2023)

Bangka, Deteksi Pos – Rencananya, tambang timah ilegal di daerah aliran sungai (DAS) Kuday Utara, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, akan beraktivitas kembali besok, yaitu pada Selasa (26/9/2023).

Informasi ini diperoleh melalui pantauan media ini pada Senin, 25 September 2024, sekitar pukul 15.00 WIB. Beberapa ponton tambang sedang diangkut ke lokasi menggunakan mobil Pick Up.

Menurut sumber terpercaya, terlihat beberapa individu yang diduga sebagai panitia tambang tengah mengadakan pertemuan tidak jauh dari lokasi tambang.

“Terlihat beberapa orang sedang mengadakan pertemuan, mereka sepertinya merupakan bagian dari panitia tambang,” kata Yanto (nama samaran).

Yanto juga mengungkapkan bahwa untuk dapat menambang di lokasi tersebut, seseorang harus membeli bendera seharga Rp 5.000.000,- untuk satu ponton. Meskipun harga tersebut tergolong tinggi, dikatakan bahwa investasi tersebut dapat kembali dalam waktu sehari dengan penjualan timah kepada “Bos Timah Mn” seharga Rp 120.000 per kilogram.

Perlu dicatat bahwa lokasi tambang ini baru-baru ini telah ditertibkan oleh aparat penegak hukum (APH) dari Kabupaten Bangka dan Provinsi Bangka Belitung serta dinyatakan sebagai zona tambang ilegal yang dilarang.

Penulis: J.Pasaribu

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *