Wisata  

Bidang Propam Bersama Dokkes Polda Babel, Gelar Gaktibplin Polres Bangka

Bidang Propam Bersama Dokkes Polda Babel, Gelar Gaktibplin Bagi Personil Polres Bangka

Bangka, deteksipos – Kepolisian Daerah (Polda) Bangka Belitung melalui Bidang Propam malakukan Penegakkan, Ketertiban, Disiplin (Gaktibplin) bagi personel Polri, khusus yang bertugas di Polres Bangka. Guna meningkatkan kedisiplinan para anggota.

Bidang Propam Polda Babel yang dipimpin oleh, Kompol Yudha Wicaksono, S.I.K sebagai Kasubbit Provos dan para personil Provos, serta Bidang Dokkes Polda Babel, hadir langsung di lapangan Apel Mapolres Bangka, Rabu (26/1).

Sebelumnya, diadakan kegiatan apel bersama, sebelum giat Gaktibplin dilakukan. Apel yang dipimpin langsung, Kompol Yudha Wicaksono, S.I.K, diikuti oleh seluruh Perwira Jajaran Utama (PJU) dan para personel Polres Bangka, baik anggota Polri maupun ASN Polri.

“Sasaran dari Gaktibplin terhadap para personil kali ini di antaranya, sikap dari tampang personel (Performance- red), surat data diri, surat data randis, Gampol atau seragam polisi, Inventarisasi dinas seperti, Senpi serta pemeriksaan tes urine anggota Polri,” terang Yudha.

Ia menyebut, pemeriksaan secara menyeluruh dilakukan seperti, pengecekan seragam polisi, sikap tampang dengan pemeriksaan rambut, kumis, dan jenggot anggota. Untuk surat nyata diri dilakukan pemeriksaan surat Kartu Tanda Anggota (KTA), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Ijin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Aparatur Penegak Hukum (APH), bertanggung jawab untuk dapat berikan pelindung, pengayoman, dan pelayanan masyarakat. Sehingga diperlukan sikap dan perilaku yang terpuji, sikap ini dinilai dari segala aspek dan sudut pandang yang balance dengan tugas pokok serta tanggung jawab sebagai seorang anggota Polri.

“Gaktibplin ini juga dilaksanakan dalam rangka untuk melihat kesiapan para personel dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Mulai dari penampilan, kesiapan sarana dan kelengkapan data diri, dan kesiapan penunjang tugas lainnya, agar lebih optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Kompol Yudha Wicaksono, S.I.K.

Ia menambahkan, selain melihat langsung bagaimana kesiapan para anggota dilapangan, dalam pelaksanaan tugas khusus di keseharian dan juga kedinasan.

“Kita dapat melihat langsung bagaimana kesiapan anggota kita dilapangan. Terutama kita dapat mengantisipasi anggota kita yang memakai narkoba, karena aturan kita sudah cukup jelas, bahwa siapapun yang melanggar akan ditindak secara tegas,” pungkasnya. (Amin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *