BPI KPNPA RI : Kesejahteraan Anggota Polri Harus Di Tingkatkan, Tindak Tegas Bawahan yang Melanggar  

Jakarta, Deteksi Pos – Tubagus Rahmad Sukendar Ketua Umum Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara & Pengawas Anggaran RI kembali memberi apresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang telah menindak tegas bawahannya bertindak sewenang-wenang. Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan surat telegram (TR) terkait penindakan tegas oknum kepolisian yang melakukan kekerasan berlebihan.

Tb Rahmad Sukendar juga menerangkan upaya Kapolri Jenderal Sigit mengeluarkan TR tersebut menunjukkan komitmen ingin membentuk citra Polri yang humanis dan dekat dengan masyarakat. Sikap tegas yang di ambil Kapolri itu sudah sangat tepat dan segera dipatuhj oleh jajaran polri di bawah

“Tb Rahmad Sukendar juga memuji tindakan serius dari Kapolri, Listyo Sigit Prabowo yang sangat menginginkan citra polisi humanis , dekat dan dicintai masyarakat Sehingga tidak akan berbuat yang tidak terpuji seperti dilakukan beberapa oknum anggotanya diberbagai daerah dan sudah mendapat sanksi hukum dari pimpinan polri dianggap sudah tepat diberi ganjaran sesuai,” ujar Tb Rahmad Sukendar, pada Rabu (20/10).

Dari BPI KPNPA RI juga menerangkan bahwa pihaknya sepakat atas langkah preventif Kapolri itu. Sebab TR juga merupakan respons yang baik dari Kapolri terkait kondisi jajarannya. Menurutnya, Polri saat ini lebih baik lantaran sudah mampu mendengar kritik, menyerap aspirasi atas pelanggaran yang terjadi di internal.

“Kami sepakat bahwa TR Kapolri itu adalah sebuah respons yang bagus, daripada tidak direspons sama sekali. Apalagi jika mengenang internal polisi zaman dulu-dulu yang cenderung ada sifat membela diri dan apologi. Saya kiri respon ini sangat baik, meski kejadian represif ini tentu bukan yang pertama kali terjadi,” ujar Tb Rahmad Sukendar

Dengan keberadaaan TR tersebut, berharap akan ada efek jera kedepannya agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

“Kejadian serupa semoga tidak terjadi lagi di internal Polri. TR dari Kapolri itu sudah cukup kuat untuk meredam anggota lain melakukan praktik serupa.” disamping itu Pemerintah juga untuk bisa memperhatikan kesejahteraan bagi Anggota Polri agar mereka tidak terjerumus melakukan perbuatan tercela yang membuat Korps Tribrata ternoda jelek dimata masyarakat.

Pucuk Pimpinan Di Polri juga harus senantiasa melakukan pengawasan melekat dengan sesering mungkin turun ke lapangan , berbaur dengan anggota dilapangan agar bisa dekat dan memahami persoalan yang sedang di hadapi Anggota Polri..(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *