Wisata  

Melalui Program CSR, PT Timah Salurkan Bantuan Kepada Nelayan Sungailiat

Bangka, deteksipos – PT Timah Tbk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) pada hari ini melaksanakan penyerahan satu unit motor sampah serta pembagian Kartu Asuransi bagi Masyarakat Nelayan 2 Sungailiat dan juga Bakti Sosial (Baksos) donor darah yang di inisiasi oleh HNSI Kabupaten Bangka bersama SNNU dan PT Gibsi HMS Sejahtera Persada, Kamis (16/6).

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Kepala Divisi CSR PT Timah Tbk, Edi Wibisana, Camat Sungailiat, Ramzi, Sekcam, Ridwan Ketua HNSI Kabupaten Bangka, Lukman, Penasehat HNSI yang juga Direktur PT Gibsi HMS Sejahtera Persada, Himma Olivia, Ketua SNNU Kabupaten Bangka, Lukman, Kepala lingkungan (Kaling) Nelayan 2 Syarifudin, PMI Kabupaten Bangka serta para nelayan yang ada di lingkungan nelayan 2 Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan selaku Sekcam Sungailiat mewakili Pemkab Bangka dan Camat Sungailiat, Ramzi saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa dirinya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PT Timah Tbk melalui program CSR bersama HNSI Kabupaten Bangka, dalam penyaluran kartu asuransi BPJS ketenagakerjaan kepada warga masyarakat nelayan yang ada di Sungailiat, Kabupaten Bangka.

“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan oleh PT timah terhadap masyarakat nelayan kita yang ada di sungailiat. Pada hari ini ada sebanyak 78 kartu asuransi BPJS ketenagakerjaan yang dibagikan kepada masyarakat nelayan kita, juga satu unit motor sampah dan juga kegiatan baksos donor darah. Kegiatan ini berkat inisiasi oleh HNSI kabupaten bangka,” terang Ridwan.

Dijelaskannya, banyak hal yang harus menjadi perhatian oleh PT Timah Tbk, tidak hanya dalam memberikan bantuan sembako, dan juga asuransi kepada warga masyarakat nelayan yang terdampak langsung dengan adanya aktivitas penambangan yang saat ini tengah marak terjadi, bisa dengan bantuan kegiatan lingkungan hidup, bantuan modal usaha, dan juga bantuan sosial lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat nelayan yang saat ini membutuhkan.

“Terkait asuransi untuk nelayan kita yang ada di sungailiat, PT timah hendaknya dapat segera menambah kembali kuota jumlah penerima asuransi khususnya para nelayan kita yang saat ini untuk jumlahnya cukup banyak sekitar 1000 KK, dan juga bantuan CSR lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur PT Gibsi HMS Sejahtera Persada, Himma Olivia yang juga sebagai penasehat HNSI Kabupaten Bangka dalam keterangannya menjelaskan, kegiatan ini merupakan implementasi dari rencana 10 tahun yang lalu bersama dengan HNSI Kabupaten Bangka, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat nelayan.

“Saya sendiri sebagai putra daerah dari seorang nelayan, dan ayah saya hidup di kampung nelayan ini jadi banyak mengetahui kendala dan juga permasalahan yang ada di kampung nelayan ini. Karena ketika saat melaut dengan segala resikonya, nyawa pun menjadi taruhannya. Ketika terjadi suatu permasalahan seperti kehilangan nyawa atau kecelakaan laut, maka dengan adanya asuransi bagi para nelayan ini dapat dimanfaatkan oleh ahli waris yang ditinggalkan, seperti buka usaha ataupun untuk menyambung hidup,” ungkap Ahim sapaan akrab Himma Olivia.

Ia mengutarakan, sebagai penasehat HNSI Kabupaten Bangka dirinya mengapresiasi apa yang telah di berikan oleh PT Timah Tbk kepada masyarakat nelayan Sungailiat dengan adanya penyaluran kartu asuransi BPJS ketenagakerjaan ini. Dan juga pada kesempatan ini melalui PT Gibsi HMS Sejahtera Persada kepada masyarakat yang telah melakukan kegiatan donor darah dengan ini memberikan bantuan paket sembako kepada para warga masyarakat telah berkontribusi dalam kegiatan donor ini.

“Bagi rekan-rekan kita warga masyarakat yang ada di sungailiat yang telah mendonorkan darahnya melalui PMI, kami memberikan bantuan berupa paket sembako. Adapun jumlah paket sembako yang disalurkan pada hari ini ada sebanyak 50 paket. Harapannya mudah-mudahan ini sebagai wujud kepedulian kita terhadap warga yang telah berkontribusi dalam donor darah. Semoga kedepannya ada kegiatan yang lebih besar lagi sehingga kita dapat berkontribusi lebih untuk kepedulian terhadap masyarakat nelayan kita,” kata Ahim.

Ditempat yang sama, Ketua HNSI Kabupaten Bangka, Lukman saat memberikan pernyataannya atas kegiatan pada hari ini berujar, bahwa dirinya mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan bantuan dari PT Timah Tbk kepada masyarakat nelayan yang ada di Sungailiat, Kabupaten Bangka.

“Terima kasih kepada PT timah dan juga BPJS ketenagakerjaan yang telah melaksanakan kegiatan penyaluran bantuan asuransi kepada para nelayan kita yang ada di kampung nelayan ini. Pada tahap pertama ini ada sebanyak 78 kartu asuransi yang diberikan kepada masyarakat nelayan kita. Asuransi BPJS ketenagakerjaan ini sesuai usulan yang kita sampaikan kepada PT timah ada sebanyak 1000 KK. Kemarin awalnya kita usulkan sebanyak 300 KK, tapi PT timah meresponnya dengan jumlah kisaran di 1000 KK,” ujar Lukman.

Ia menambahkan, bahwa salah satu manfaat yang diperoleh oleh para nelayan, apabila saat melaut nelayan yang mengalami suatu kecelakaan di laut maka dengan adanya kartu asuransi ini nelayan dapat mengklaim dengan pihak BPJS ketenagakerjaan. Dan untuk korban meninggal dunia juga akan mendapatkan bantuan dari manfaat adanya kartu asuransi ini.

“Kartu asuransi ini banyak manfaat yang diperoleh salah satunya saat nelayan kita sedang melaut mengalami kecelakaan laut dapat mengajukan klaim asuransi kepada BPJS ketenagakerjaan. maka asuransi dapat membayar klaim asuransi kepada pihak ahli waris korban. Kartu ini untuk para nelayan apabila mau membayar biayanya cukup murah hanya 18.000 per bulan. Dan sebanyak 78 kartu asuransi ini semuanya sudah dibayarkan oleh PT timah kepada BPJS ketenagakerjaan selama 1 tahun,” pungkasnya. (Amin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *