Wisata  

Harapan APDESI Kabupaten Bangka, Terhadap Kepemimpinan Kajari Bangka

Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bangka, Syaiful Ahyar

Bangka, deteksipos – Pergantian Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bangka, sebelumnya dijabat oleh Farid Gunawan, SH, MH kepada Putin Helena Laoli, SH, MH sebagai Kajari Bangka yang baru banyak menaruh harapan besar dari berbagai pihak, salah satunya datang dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI).

Hal itu disampaikan langsung ketua APDESI Kabupaten Bangka, Syaiful Ahyar, saat dikonfirmasi Deteksipos.com mengenai hal tersebut mengatakan, memang benar saat ini di Kejari Bangka sudah ada pergantian di posisi pucuk pimpinan Kejaksaan Negeri Bangka.

“Kami dari APDESI Kabupaten Bangka, telah mengetahui bahwa telah terjadi pergantian pejabat untuk pimpinan di Kejari Bangka.
Saat ini kendali di pegang oleh Kajari baru yakni, ibu Putin Helena Laoli yang sebelumnya menjabat Kajari Gunung Sitoli, Sumut,” terang Syaiful.

Syaiful mengutarakan, Asosiasi sangat menyambut baik adanya pergantian Kajari Bangka yang baru. Selama ini sinergitas dan komunikasi dengan pihak Kejari Bangka sudah cukup baik, diharapkan nantinya agar adanya hubungan lebih baik lagi Kapada pihak Kejari dibawah pimpinan Kajari yang baru.

“Kami dari asosiasi menyambut baik adanya Kajari Bangka yang baru. Mudah-mudahan kedepan sinergitas dan komunikasi yang telah terjalin dapat lebih kita ditingkatkan, terutama pembinaan ke desa-desa ini tetap berlanjut,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan belum lama ini pada tahun 2022 APDESI melalui anggotanya yang berada di 62 desa di Kabupaten Bangka. Telah melakukan Memorandum of understanding (MoU) dengan pihak Kejari Bangka terkait pendampingan hukum, konsultasi hukum, dan juga dalam hal pengawasan hukum terhadap desa-desa yang ada di Kabupaten Bangka.

“Jadi MoU yang telah kita lakukan dengan pihak Kejari Bangka, yang mana kami minta kepada pihak Kejari terkait masalah pendampingan hukum, konsultasi hukum, sosialisasi hukum, yang mana di desa-desa ini masih banyak kekurangan terkait pemahaman dan pelaksanaan hukum, hal ini yang perlu kita sinergikan kepada pihak Kejari Bangka melalui bidang perdata dan tata usaha negara (Datun),” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini bidang Datun memang sudah melakukan sosialisasi produk hukum kepada para anggota APDESI yang tersebar di 62 desa. Maka dari itu untuk kedepannya hal ini tetap dilaksanakan. Harapannya dengan sosialisasi tersebut, desa-desa yang ada dapat memahami apa itu hukum sebenarnya.

“Kami dari APDESI memberikan apresiasi dan penghargaan kepada bidang Datun Kejari Bangka yang hingga saat ini masih melaksanakan sosialisasi kepada desa-desa anggota kita di 62 desa. Kita harapkan kedepannya untuk desa-desa di Kabupaten Bangka, dapat mengerti apa sebenarnya hukum itu,” kata Syaiful.

Ia menambahkan, dari APDESI Kabupaten Bangka memang ada rencana mau malakukan audiensi dan tatap muka perkenalan dengan Kajari Bangka yang baru. Namun untuk jadwalnya akan di sesuaikan dengan kondisi dilapangan, atau dikoordinasikan terlihat dahulu terkait jadwal rutin Kajari, kepada pihak Kejari Bangka.

“Kami memang ada rencana, kemungkinan kita akan atur jadwal. Insya allah dalam waktu dekat minimal sebelum bulan puasa ini kita akan melakukan pertemuan dan audiensi. Kita akan atur dulu jadwal beliau dengan pihak Kejari Bangka dengan jadwal kawan-kawan Kades. Pada hari Selasa nanti kemungkinan besar kita akan ada rapat koordinasi (Rakor) rencana kita akan hadirkan beliau di rakor tersebut,” pungkasnya. (Amin)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *