Wisata  

Mulkan Launcing Aplikasi Siswaskuedes

Foto: Bupati Bangka Mulkan saat melauncing Aplikasi Siswaskuedes

Bangka, Deteksi Pos – Bupati Bangka Mulkan SH.MH melaunching aplikasi Sistem Infomasi Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskuedes), di Hotel Tanjung Pesona, Jum’at (18/11/22)

Bupati Bangka Mulkan SH. MH mengatakan keuangan merupakan sumber pembiayaan pembanguan jadi harus memiliki ketelitian dan kehati-hatian terhadap penggunaannya.

“Sebab uang ini menyangkut uang rakyat atau uang negara yang kita kelola jadi harus betul-bentul memberikan nilai pemanfaat dan tepat sasaran,” kata Mulkan.

Ia menegaskan kepada seluruh aparat pemerintahan desa agar dapat mengikuti perkembangan teknologi, karena kegunaannya dan kemanfaatan akan memberikan kemudahan dalam penggunaan keuangan desa dan penyelenggaran pemerintah di desa.

“Namum demikian kata Mulkan dalam pelaksanaannya harus ada pengawasannya mulai perencanaan, pelaporan, penggunaannya dan petanggung jawaban keuangan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bangka-Belitung Faisol Cahyo Nugroho mengatakan kami sangat mengapresiasi inisiatip Bupati Bangka Mulkan SH,MH dan jajarannya untuk mengadakan kegiatan lauching dan workshop aplikasi siswaskuedes online, yang mana tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas penggelolaan keuangan desa.

Dengan adanya sistem aplikasi siskeudes online ini memberikan kemudahan penerapan kepada kawan-kawan yang ada di inspektoratr,” ujarnya.

Siskuedes ini sangat membantu pemerintahan desa dalam pengelolaan keuangan didesa lebih mudah dan menghasilkan laporan keuangan sesuai standar maka siskuedes sangat membantu inspektorat pengawasan terhadap proses penggunan keuangan di desa.

“Dengan kata lain kita juga menginginkan agar target-target pengawasan dari inspektorat bisa tercapai dalam membantu pemerintah untuk meraih tartget-target yang didesa. Di Provinsi Babel ada empat kabupaten yang sudah melaksanaka siskuedes diantaranya Kabupaten Belitung, Bangka, Bangka Tengah dan Belitung timur, kalau secara nasional baru 102 atau 23 persen yang telah melaksnakan siskuedes ini,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Dinas Inspektorat Kabupaten Bangka Darius menjelaskan aplikasi siskuedes adalah upaya pemerintah daerah melalui inspektorat dalam memaksimalkan pengawasan terhadap keuangan desa.

“Aplikasi Siskuedes memberikan kemudahan dalam memantau pelaksanaan keuangan desa dan bisa mengecek secara langsung apabila terjadi kesalahan dan kelemahan maka kita bisa segera perbaiki. Dengan adanya sistem pengelolaa keuangan desa dengan aplikasi siskuedes sudah barang tentu pengelolaan keuangan desa akan menjadi lebih baik, tertib dan akuntabel kedepannya,” tuturnya.

 

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *