Wisata  

Bupati Mulkan Launching Teaching Farm Aquatic Karang Taruna Eco Garden 

Bangka, Deteksi Pos – Sebanyak 500.000 Benur Udang, 10.000 Benih Ikan Nila, 20.000 benih ikan Lele dan 150 kg indukan kepiting bakau di tebar oleh Bupati Bangka, Mulkan di kolam Budidaya Pokdakan Bis Katana Karang Taruna kabupaten Bangka di desa Pagarawan Kecamatan Merawang, Minggu (19/3/2023).

Pada kesempatan itu Bupati Bangka, Mulkan mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Karang Taruna Kabupaten Bangka merupakan terobosan dalam menciptakan peluang masa depan untuk generasi Indonesia emas 2045 .

“Dengan adanya Teaching Farm ini maka diharapkan peran karang taruna dalam membantu pemerintah daerah sangat penting apalagi kegiatan ini merupakan pusat study perikanan, ekologi lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang satu satunya ada di kabupaten Bangka,” ujar Mulkan.

Sementara itu, Sekretaris jendral (Sekjen) Karang Taruna Pusat, H Deden Siradjudin mengatakan, Bahwa apa yang telah di rintis oleh Karang Taruna kabupaten Bangka merupakan  terobosan luar biasa dalam menggali potensi daerah yang ada.

“Secara nasional Teaching Farm Aquatic ini adalah Room model pelatihan terpadu sederhana yang ada di Indonesia dan satu satunya yang di kelola karang taruna  kabupaten secara nasional,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Direktur Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Sosial RI, Arif Nahari memberikan apreasiasi kepada Bupati Bangka, Mulkan yang telah memacu Karang Taruna hingga desa/kelurahan sehingga Karang Taruna Kabupaten Bangka yang telah mati suri 11 tahun kini mampu berlari kencang mensejajarkan diri hingga ke nasional.

“Tentunya Teaching Farm ini menjadi cikal bakal Akademi Karang Taruna di bidang budidaya perikanan air tawar dan payau,” ujarnya.

Selanjutnya, diacara tersebut yang menarik adalah laporan Ketua Karang Taruna Kabupaten Bangka, Ujang Supriyanto menyampaikan dalam bentuk rangkaian berbagai pantun pesan pesan semangat untuk Karang Taruna se-kabupaten Bangka dan Provinsi Bangka Belitung.

Selain itu acara soft opening teaching farm Aquatic Karang Taruna eco garden juga di canangkan juga Desa Pagarawan sebagai “Kampung Ketem & Tapak Kawasan Konservasi Mangrove” sebagai pusat study perikanan, ekologi lingkungan dan pemberdayaan masyarakat binaan Karang Taruna oleh Direktur Pemberdayaan masyarakat kemensos RI dan Pengurus Karang taruna Nasional.

Hadir juga dalam acara tersebut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi dan Karang Taruna Bekasi yang turut serta melakukan kunjungan study tiru ke kabupaten Bangka, Wakil Ketua II DPRD Bangka, Rendra Basri.

Loading

Penulis: red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *