Wisata  

HKTI Bersama Inhutani Unit Bangka, Jalin Kerjasama Kembali

HKTI Provinsi Babel Dan Kabupaten Bangka Lakukan Pertemuan Dengan PT. Inhutani V Unit Bangka Bahas Rencana MOU Kembali

BANGKA, Deteksi – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Bangka didampingi HKTI Provinsi Babel melakukan kunjungan silaturahmi dan koordinasi dengan PT. Inhutani V Unit Bangka dalam rangka meninjau kembali hasil kesepakatan memorandum of understanding (MOU) antara pihak Inhutani Unit Bangka dengan HKTI yang pernah terjalin di tahun 2020.

Informasi tersebut disampaikan oleh Sekretaris DPD HKTI Provinsi Babel, Jauhari saat kunjungan ke Inhutani Unit Bangka dalam rangka mendampingi DPC HKTI Kabupaten Bangka mengatakan dari kunjungan dan audiensi yang dilakukan pada hari ini, oleh HKTI Provinsi Babel bersama DPC HKTI Kabupaten Bangka dalam rangka peninjauan kembali hasil kesepakatan MOU antara Inhutani dengan HKTI yang pernah terjalin di tahun 2020 kemarin, Kamis (23/12).

“Memang sudah ada MOU di tahun 2020 kepada pihak Inhutani, seiring dengan pergantian kepengurusan begitu juga di Inhutani dan HKTI dan MOU ini akan kita tinjau dan bahas kembali, terkait hal tersebut maka sesuai dengan pesan Ketum HKTI kita di pusat yang memang sudah menjadi agenda nasional, dan sudah kami laporkan ke pusat,” terang Jauhari.

Dikatakannya, bahwa terkait agenda pada kunjungan pada hari ini juga menindaklanjuti kerjasama dengan Inhutani terkait pengelolaan IUP HKHTI yang ada di wilayah Kabupaten Bangka.

“Hari ini kendala-kendalanya cukup banyak, mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini dari mulai tingkat DPC, PAC hingga tingkat desa akan bergerak membantu Inhutani. Dari lembaga bantuan hukum (LBH) juga akan turun memback up kegiatan kita bersama Inhutani ini. Dari penegakkan hukum juga kita sangat bersyukur ternyata teman-teman dari dinas pertanian juga sudah bergabung dengan kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC HKTI Kabupaten Bangka, Indra Solihin mengutarakan bahwa DCP HKTI Kabupaten Bangka akan menindaklanjuti hasil MOU 2020 kemarin, DPC HKTI akan membantu Inhutani dalam penyelesaian permasalahannya dengan masyarakat di kawasan miliknya dengan solusi akan membentuk kelompok tani yang ada di desa-desa, agar kedepannya dapat mengetahui lahan tersebut milik Inhutani apa milik Pengusaha.

“Hari ini kami sangat bersyukur dapat ketemu langsung dengan kepala Inhutani v unit Bangka pak Barnabas, di dampingi Sekjen DPD HKTI Babel, pak Jauhari kita akan menindaklanjuti hasil MOU tahun 2020 kemarin. Saya selaku ketua DPC HKTI Kabupaten Bangka akan menindaklanjuti hasil MOU dengan membentuk kelompok tani hingga ke pelosok desa di Kabupaten Bangka,” ungkap Indra.

Ditempat yang sama, Kepala PT. Inhutani V Unit Bangka, Barnabas menjelaskan selaku Pimpinan Inhutani Unit Bangka sangat berterima kasih atas perhatian dan dukungan dari HKTI. Karena bagaimanapun untuk berhasilnya program-program kehutanan terutama dalam pemberdayaan masyarakat yang mana aturan dan regulasi kehutanan sudah berubah, menindaklanjuti konflik teritorial di kawasan hutan Inhutani tidak dapat berjalan sendiri.

“Karena HKTI tujuan utamanya adalah untuk membina masyarakat dalam bidang pertanian dan kehutanan dengan memberdayakan petani-petani yang ada di berdayakan. Kami sebelumnya untuk bekerjasama dengan HKTI bagaimana kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat untuk melaksanakan program-program yang sesuai dengan regulasi dari kehutanan,” ucap Barnabas.

Ia menambahkan, terkait implementasi dari perjanjian kerjasama kemarin, Barnabas katakan akan lakukan pembahasan kembali dengan HKTI. bagaimana pola kerjasama dengan baik nantinya, karena dalam Inhutani sendiri ada aturan dan regulasi yang sudah mengaturnya.

“Kami sebagai BUMN harus sesuai dengan prosedur dan aturan yang telah mengikat, sesuai dengan regulasi yang ada. Ini adalah penjajakan awal dari kita bersama HKTI akan kami tindaklanjuti lagi kemudian hari dan akan kita bahas bersama, bagaimana pola kerjasamanya sesuai dengan program-program yang ada saat ini,” pungkasnya.  (Amin)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *